Jumat, 12 Februari 2016

Si Merah Manis



SMK MA’ARIF 2 GOMBONG

Nama            :   Dwi Paryanto
Kelas             :   XII TKR 1
No.                 :   12
Si Manis Berwarna Merah

                Inilah salah satu kegiatan di desaku, yaitu  membuat Si Merah Merah atau lbih dikenal dengan gula merah. Pada hari minggu saya main ke rumah Bibi yang merupakan pembuat gula merah juga, saya pergi ke rumah Bibi saya karena saya kangen akan manis dan enaknya Si Merah Manis buatan Bibiku itu.
                Selain enak dimakan, Si Merah Manis(gula merah) ini bias juga untuk penyedap makanan, karena gula sudah menjadi salah satu bumbu dapur yang harus ada ketika kita ingin memasak masakan yang enak dan sedap. Gula jawa ini terbuat dari sari buah kelapa yang masih sangat muda, yang ukurannya masih kecil seperti biji kacang. Di Desa SRUSUHJURUTENGAH, Puring tempat saya tinggal,lahir, dan besar banyak tetangga saya yang melakukan kegiatan membuat Si Merah Manis.
                Gula merah ini selain mudah membuatnya, juga lumayan untuk menambah penghasilan ekonomi keluarga. Cara membuat gula merah ini setelah cairan dari buah pohon kelapa atau orang desaku menyebutnya dengan iar sajeng. Kemudian air sajeng itu direbus sambil di aduk sampai mengental, sesudah mengental cetaklah  ke tempat cetakan gula. Cetaklah sedikit cepat sebelum gula itu mengeras.
                Bibiku sering membuat gula merah di dapur dan tungku yang khusus untuk membuat gula, dan memasak gula harus memakai kayu bakar, jika memakai tabung gas maka mengurangi rasa gula merah itu dan juga tidak hemat.
               
                Setelah gula jadi Bibi saya sring menjual gula merah ini ke tetangga-tetangga di sekitarnya atau yang sudah memesan gula merah itu. Bibi saat saya tanyai mengapa senang membuat gula merah dia menjawab, “ saya senang membuat gula merah karena selain bahan bakunya yang mudah didapat, juga gratis karena air sajeng untuk membuat gula itu gratis karena saya mengambilnya dari pohon kelapa sendiri. Jadi bisa untuk menambah uang untuk belanja”.
                Si Merah Manis ini akan menjadi bahan masakan yang saya sukai. Gula merah dapat juga untuk pemanis minuman kopi,bajigur,wedang ronde dan masih banyak fungsinya.
                JERE WONG JOWO “GULA ABANG IKU IBARATE PACARE DEWEK SING DI DELENG KUWI AYU LAN MANIS”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar